Proses Bisnis


Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan keuangandari suatu organisasi dapat dipandang sebagai bigian dari proses bisnis. Suatu proses bisnis (business process) adalahsekumpulan kegiatan yang saling berkitan yang menyangkkut data, unit organisasi, dan urutan waktu yang logis. Proses bisnis selalu dipicu oleh suatu kejadian ekonomi, dan suluruhnya memiliki titik awal dan titik akhir tertentu yang jelas. Sebagai contoh proses “Manajemen Pesanan Pelanggan” mungkin dipidu oleh penerimaaan surat pesanan pembelian dari pelanggan. Proses akan dimulai dengan pembuatan pesanan penjualan dan akan diakhiri oleh penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan.

Oleh karena sebagian besar organisasi mengalami kejadian-kejadian dan kegiatan ekonomi yang serupa, maka dapat dirumuskan sembilan pokok proses bisnis yang mendasar yaitu :
a. Logistic penjualan lingkar dalam (inbound sales logistis) yaitu meliputi persediaan, pengendalian, retur kepada suplier, dan sebagainya.
b. Logistic penjualan lingkar luar (outbound sales logistic) meliputi pemrosesan pesanan penjualan, penagihan, pengangkutan, pengiriman, dan sebagainya.
c. Operasi meliputu pembuatan, perakitan, dan pengepakan.
d. Pemasaran meliputi iklan, promosi, dan tender penawaran.
e. Jasa meliputi instalasi, perbaikan, dan pelayanan purna jual.
f. Pengadaan meliputi pembelian, pesanan, dan mengumpulkan penawaran.
g. Pengembangan teknologi meliputi sumber daya dan pengembangan.
h. Organisasi dan sumber daya manusia meliputi rekrutmen, pelatihan, dan sebagainya.
i. Infrastruktur perusahaan meliputi akuntansi, perencanaan dan pengendalian usaha dan pengelolaan barang modal.

Selanjutnya, kelima proses yang pertama dapat dikelompokkan sebagai proses utama, sedangkan empat buah yang terakhir sebagai proses pendukung. Proses bisnis utama mencakup kegiatan yang langsung memberikan nilai tambah kepada produk perusahaan, dan proses bisnis pendukung mencakup kegiatan yang memberikan nilai tambah yang langsung dan mendukung proses utama. ERP (Enterprise Resource Planning) mencskup pengintegrasian keselurahan proses bisnis perusahaan. Paket software ERP adalah system informasi yang berorientasi keuanagan yang mendukung dan mengotomatiskan proses bisnis.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s