TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SOFTSKILL)


MAKALAH

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

 

clip_image002

Nama : Riyadi Salihin

NPM : 31108707

Kelas : 1DB01

Pengertian Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet

Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:

Melalui Infrastruktur Terestrial

Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).

Melalui Satelit

Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Teori Dasar Komunikasi Data

1.1. Pengertian Komunikasi Data, Telekomunikasi dan Pengolahan Data
Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.
• Telekomunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ke titik yang lain;
• Pengolahan data adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data;
• Gabungan kedua tehnik ini selain disebut dengan komunikasi data juga disebut dengan teleprocessing (pengolahan jarak jauh);
• Secara umum komunikasi data dapat dikatakan sebagai proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kodetertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau elektro-optik dari titik ke titik yang lain;
• Sistem komunikasi data adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
1.2. Pemikiran Dalam Komunikasi Data
• Menyalurkan informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin;
• Mengintegrasikan semua jenis komunikasi menjadi satu sistem, yaitu ISDN (Integrated Service Digital Network ) atau Jaringan Digital Pelayanan Terpadu;
clip_image004
Gambar 2.1. ISDN

1.3. Keuntungan Komunikasi Data
a. Pengumpulan dan persiapan data
Bila pada saat pengumpulan data digunakan suatu terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data dapat dikurangi sehingga dapat mempercepat proses (menghemat waktu).
b. Pengolahan data
Karena komputer langsung mengolah data yang masuk dari saluran transmisi (efesiensi).
c. Distribusi
Dengan adanya saluran transmisi hasil dapat langsung dikirim kepada pemakai yang memerlukannya.

1.4 Kendala Komunikasi Data
a. Waktu tanggap sistem
Adalah ukuran kecepatan operasi Sistem. Pada Sejumlah Sistem, waktu tanggap yang cepat merupakan hal yang sangat penting.
Misalnya ATM. Dalam pengambilan uang lewat ATM dimana saat pemakai mengetik nomor identifikasi dan mengisikan jumlah uang yang akan diambil, pemakai pasti mengharapkan agar mesin ATM memberikan tanggapan dalam waktu singkat.
b. Throughput
Adalah ukuran beban dari sistem tersebut berupa presentase waktu yang diperlukan dalam mengirim sejumlah pesan melewati sambungan komunikasi data. Keluaran dari sistem harus setinggi mungkin agar pemakaian jalur dan terminal yang sangat mahal dapat diperoleh secara maksimum. Terminal-terminal harus dapat dioperasikan semudah mungkin untuk mengurangi faktor kesalahan manusia dan juga mempertinggi kecepatan operasi.
c. Manusia
Faktor manusia sangat penting diperhatikan. Khususnya di situasi terminal sering dipakai oleh pengguna yang tidak terlatih seperti mesin ATM.
1.5. Tujuan Komunikasi Data
a. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar efesien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ketempat yang lain;
b. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remote computer use);
c. Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi;
d. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer;
e. Mengurangi waktu untuk pengolahan data;
f. Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan);
g. Mempercepat penyebarluasan informasi.
1.6. Faktor – faktor Pertimbangan Komunikasi Data
a. Pengsinyalan
Pengsinyalan (signalling) adalah suatu prosedur atau protokol yang harus dilaksanakan
terlebih dahulu sebelum pengiriman informasi dimulai.
b. Transmisi
Media transmisi harus efesien dan dapat melayani berbagai jenis alat. Karakteristik transmisi :
– lebar frekwensi yang dapat ditampung
– redaman
– daya yang dapat ditampung
– waktu yang dibutuhkan
c. Cara Penomoran
Penomoran harus unik dan mengikuti rekomendasi atau persetujuan dari pihak tertentu.
d. Cara menyalurkan hubungan (routing)
Menentukan policy ( kebijaksanaan ) bagaimana suatu hubungan akan dilaksanakan.
e. Cara menghitung biaya (tarif)
Menentukan struktur harga bagi jasa pelayanan yang harus dibayarkan.
1.7. Bidang-bidang Operasi Komunikasi Data
a. Bidang Data Collection
Data dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station), disimpan dalam memori dan pada waktu – waktu tertentu data tersebut akan diolah.
Contoh : aplikasi inventori, penggajian, dll.
b. Bidang Inquiry and Response
Pemakai dapat mengakses langsung ke file atau program. Data yang didikirimkan ke sistem Komputer dapat langsung diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan komputer maka sistem semacam ini disebut interaktif.
Contoh : aplikasi perbankan, pembayaran dipertokoan.
c. Bidang Storage and Retrival
Data yang sebelumnya disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu – waktu oleh pihak yang berkepentingan.
Contoh : aplikasi Message Switcing dan E-Mail.
d. Bidang Time Sharing
Sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya secara bersama-sama. Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Kalau terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll in-roll out harus dipergunakan.
Contoh : aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak (software), perhitungan, rekayasa, pengolah kata (word processing), CAD (computer aided design), dan sebagainya.
e. Bidang Remote Job Entry
Remote Job terminal mengirimkan program atau data (teks) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses. Program itu akan dikerjakan secara batch, yaitu diolah setelah gilirannya tiba.
Contoh : aplikasi yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan.
f. Bidang Real Time Data Processing and Process Control
Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (real time).
Contoh : aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sistem telekomunikasi, dsb.
g. Bidang Data Exchange Among Computers
Pertukaran data berupa program, file dan sebagainya antar sistem komputer. Pada aplikasi ni data yang dipertukarkan jumlahnya banyak dan waktu yang dikehendaki singkat sekali.
1.8. Komponen Dasar Sistem Komunikasi Data
a. Sumber (pemancar atau pengirim)
Yaitu pengirim atau pemancar informasi data. Karena pembahasan berkisar pada sistem komputer maka pemancar adalah sistem komputer. Komunikasi data dapat juga berlangsung dua arah sehingga pemancar juga dapat berfungsi sebagai penerima.
b. Medium transmisi
Yaitu saluran tempat informasi tersebut disalurkan ketempat tujuan. Media Yang dipergunakan dapat berupa : kabel, udara, cahaya, dan sebagainya.
c. Penerima
Yaitu alat yang menerima informasi yang dikirimkan
clip_image006
Gambar 2.2 Komponen Dasar Sistem Komunikasi
2.8. Signal Listrik

Komunikasi data berkaitan dengan komunikasi mesin ke mesin seperti terminal ke komputer dan komputer ke komputer. Karena mesin ini signalnya digital maka komunikasi yang termudah dengan sinyal digital.
Alasan penggunaan sinyal listrik atau elektro optik dalam komunikasi jarak jauh :
– Jarak jangkau tidak terbatas.
– Kecepatan sangat tinggi ( +/- 300.000 km/dt ).
– Pembangkitan sinyal listrik mudah.
– Pengubahan sinyal menjadi besaran listrik dan sebaliknya dapat dilakukan secara mudah.
Jenis Signal Listrik
a. Signal analog
Yaitu sinyal yang sifatnya seperti gelombang, selalu sambung menyambung dan tidak ada perubahan yang tiba – tiba antara bagian – bagian signal tersebut. Penyaluran data banyak dilakukan dengan sinar analog.
b. Signal digital
Yaitu signal yang sifatnya seperti pulsa, terputus – putus atau terjadi perubahan yang tiba-tiba antara bagian- agian signal tersebut. Sistem komputer bekerja dengan sinyal ini.
clip_image008
clip_image010

Database

Konsep logika dari file – file seperti sebuah perangkat record – record yang berhubungan hasilnya dalam physic memisahkan file dengan pemiliknya untuk file lainnya menurut sejarahnya. Misalnya ada file personil record dengan bagian personalia yang bertanggung jawab untuk input dan cara yang benar dari personil record, file jumlah uang yang dapat diterima dengan pertangungjawaban atau hak milik oleh bagian penjumlah uang yang diterima dari laporan, dll.

Pertanggung jawaban pemilik dari file – file tersendiri adalah berguna bagi control organisasi pada kualitas dan kegunaan data.

Bagaimanapun, hal itu merawat untuk membatasi akses data dan hasil didata salinan, kekurangan bagian data dan kekurangan data yang cocok. Jika sama atau identik data yang ada digunakan pada file tersendiri, mereka sering memperbaharui secara terpisah pada jarak – jarak perbaikan yang berbeda. Dapat dibedakan prosedur kualitas control, sehingga nilai data – data yang ada untuk yang kesatuannya identik tidak boleh sesuai. Hal ini sulit untuk memasang fisik data yang ada ketika data ada pada beberapa file terpisah. Hal ini juga sulit untuk mengadakan pengamanan data. Cara pemecahan suatu masalah adalah sebuah database tunggal berisi semua yang berhubungan dengan file data – data. Semua tingkat tinggi dari kualitas didapat dari prosedur kualitas jaminan yang digunakan secara tetap dan dari kombinasi yang diperbarui. Semua aplikasi dapat mempergunakan data, semua pemakai data menerima informasi yang sama dengan kualitas dan resensi yang sama. Pengertian logic dari sebuah database memerlukan software untuk menyusunnya (sistem manajemen database) dan organisasi khusus sumbernya (administrasi database).

Sistem manajemen database (DBMS) adalah sistem software yang menyusun penciptaan dan pengunaan database. Semua penggunaan untuk database melalui software manajemen database, dan fasilitas penggunaan bahasa disediakan untuk aplikasi programmer dan pemakai akhir yang ragu dengan rumus. Jadi, aplikasi programmer mendefinisikan skema pemakai atau pendapat pemakai seperti model logic dari data untuk diproses oleh program aplikasi. Programmer menulis instruksi – instruksi dengan menggunakan bahasa program melalui database manajemen sistem, yang menangani penterjemahan ke skema pemasukan physical storage. Semua pengesahan data dan hak memeriksa dari pemakai sumber penggunaan data yang ada siap ditangani oleh DBMS. Orang yang membutuhkan penggunaan database untuk suatu pernyataan atau laporan istimewa menggunakan pernyataan bahasa database untuk merumuskan permintaan dan membentuk output. Jadi, sistem manajemen database dapat dilihat seperti hanya pintu ke data physical storage di database. Administrasi database adalah orang mempunyai hak lebih untuk mendefinisikan dan menggunakan database.

Bagian Data, Record dan File

Masing – masing symbol dari setiap kesatuan diperkenalkan di dalam memory oleh bagian data. Sebagai contoh, ada sebuah bagian untuk nama siswa, data bagian lainnya untuk mayor, dsbnya. Bagian data ditandai oleh sebuah nama supaya berhubungan dalam sebuah storage, retrieval dan operasi pemrosesan. Menghubungkan setiap bagian adalah sebuah nilai kemungkinan tertentu. Nilai kemungkinan tertentu didefinisikan dalam jalur bebas oleh derajat nilai yang mana mereka boleh diambil dari (seperti numeric, alpha numeric, binary, dsbnya). Kemungkinan nilai – nilai tertentu didefinisikan juga oleh enumeration, limit atau oleh algoritma. Sebagai contoh, hanya ada 5 nilai untuk status sekolah (Frosh, Soph, Junior, Senior dan Grad). Bagian data boleh berisi nilai – nilai ini, atau kode (seperti 1 ke 5) boleh digunakan dalam tempat dari 5 tingkatan tersebut.

Bagian data adalah unit dasar dalam data storage. Bagian data digolongkan bersama untuk melukiskan sebuah kesatuan; tiap bagian data dalam kelompok tersebut berkorenspondensi kepada symbol suatu kesatuan. Data yang dikenal dalam memory dalam setiap bagian suatu kesatuan biasanya disebut sebagai record. Kumpulan dari record – record yang saling berhubungan disebut file. Symbol dari tiap – tiap siswa dalam bentuk student record; semua student record membentuk file kelas siswa. Penilaian uang/ganda dari symbol yang sama untuk sebuah kesatuan diperkenalkan oleh kelompok perulangan dari bagian data. Tingkatan dari setiap sistem menunjukkan sebuah perulangan, karena ada tanda – tanda perulangan penggabungan tingkatan dari setiap bagian.

Tingkatan dari subdivision untuk bagian data tergantung pada bagaimana pemakai melihat data atau pemakai skema. Sebagai contoh nama mungkin tergabung dari jumlah nama, atau nama itu mungkin diberi tanda seperti menjadi tergantung sebagai dua elemen bagian data – nama yang lalu dan nama.

Sebuah indeks adalah tabel angka – angka yang digabungkan dengan symbol – symbol dan alamat – alamat physical dari record – record. Dalam contoh daftar kelas, professor mungkin mempunyai sebuah indeks dengan 5 nilai untuk status symbol kelas tersebut dan sebuah daftar dari record alamat untuk record siswa yang berisi masing – masing nilai.

Alat petunjuk adalah sebuah bagian data yang digunakan untuk menunjukkan lokasi dari record – record yang lain. Dalam indeks diatas, record alamat adalah petunjuknya. Alat bagian data juga dapat berisi record – record untuk menunjuk record – record lainnya. Sebagai contoh, lebih menguntungkan daripada menyimpan sebuah daftar dari seluruh nomor – nomor murid ID untuk setiap kelas, indeks dapat mendaftar alamat tersebut dari yang pertama. Record pertama untuk yunior mungkin berisi sebuah alat petunjuk untuk yang kedua, kedua untuk yang ketiga, dstnya. Alat – alat petunjuk dapat berjalan dalam dua arah, jadi record yang ketiga akan mempunyai sebuah pengantar petunjuk untuk record yang keempat dan sebuah petunjuk ulang yang kembali ke record kedua.

Struktur Hubungan Database

Database menggunakan struktur/susunan hubungan yang terdiri dari kumpulan tabel – tabel. Pada masing – masing tabel, barisan – barisan menggambarkan kesatuan tunggal yang ada atau record – record dan kolom – kolom jelas. Masing – masing tabel saling berhubungan dan demikian juga hubungan database yang dapat mengingat seperti kepada kumpulan tabel – tabel tersebut. Hubungannya diwakili data – data, umumnya pada hubungan yang berbeda (tabel) susunan hubungan data pada dasarnya merupakan teori formal dari hubungan aljabar yang mana pemakainya amat khusus pada batas – batas penunjukkan konsep – konsep yang menjadi dasar dari susunan itu. Pembicaraan pada hubungan sistem – sistem dalam batas – batas ini adalah di luar dari pengetahuan dalam naskah ini.

Susunan Hirarki Database

Sistem manajemen database mengikuti model hirarki yang memperkerjakan hirarki atau seperti susunan pohon untuk memberikan hubungan yang jelas. Record adalah kumpulan catatan yang mana catatan itu juga berasal dari kumpulan record yang lain. Dengan kata lain kumpulan record terdiri dari berbagai keterangan yang dimiliki oleh (catatan – catatan) yang memberikan record tunggal dari type hirarki mempunyai beberapa “Anak” record, tapi anak hanya punya satu kepala keluarga.

Router, Bridge dan Repeater

Router

Router adalah merupakan piranti yang menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda tipe maupun protokol. Dengan router dapat dimungkinkan untuk :

Ø Menghubungkan sejumlah jaringan yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda.

Ø Menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringan pada lokasi yang lain.

Ø Membagi suatu jaringan berukuran besar menjadi jaringan – jaringan yang lebih kecil dan mudah untuk dikelola.

Ø Memungkinkan jaringan dihubungkan ke internet dan informasi yang tersedia dapat diakses oleh siapa saja.

Ø Mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data ke tujuan.

Ø Melindungi jaringan dari pemakai – pemakai yang tidak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data – data yang tidak berhak untuk diakses.

clip_image012

Gambar, Router

Bridge

Bridge adalah jenis perangkat yang diperlukan jika dua buah jaringan bertipe sama (ataupun bertopologi berbeda) tetapi dikehendaki agar lalu lintas lokal masing – masing jaringan tidak saling mempengaruhi jaringan yang lainnya. Bridge memiliki sifat yang tidak mengubah isi maupun bentuk frame yang diterimanya, disamping itu bridge memiliki buffer yang cukup untuk menghadapi ketidaksesuaian kecepatan pengiriman dan penerimaan data.

clip_image014

Gambar, Bridge

Adapun alasan menggunakan bridge adalah sebagai berikut :

Ø Keterbatasan jaringan, hal ini terkait erat dengan jumlah maksimum stasiun, panjang maksimum segmen, dan bentang jaringan.

Ø Kehandalan dan keamanan lalu lintas data, bridge dapat menyaring lalu lintas data antar dua segmen jaringan

Ø Semakin besar jaringan, performa atau unjuk kerja semakin menurun.

Ø Bila dua sistem pada tempat yang berjauhan disambungkan, penggunaan bridge dengan saluran komunikasi jarak jauh jauh lebih masuk akal dibandingkan dengan menghubungkan langsung dua sistem tersebut.

Repeater

Repeater adalah piranti yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal atau isyarat yang melewatinya, Dua sub jaringan yang dilewatkan pada repeater memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan. Repeater juga berfungsi untuk memperbesar batasan panjang satu segmen. Sehingga dapat digunakan untuk memperpanjang jangkauan jaringan.

clip_image016

Gambar, Repeater

Kesimpulan

Database adalah bagian yang penting dalam sistem informasi manajemen dan teknologi untuk menyusun data secara tepat. Di sini perbedaan antara model data logika dan model data fisikal untuk penyimpanan data menggambarkan konsep pada sebuah bentuk untuk menjelaskan suatu data pada penyimpanan dan hubungan dengan masukan.

Database sekarang ini merupakan konsep dan ketentuan penyimpanan. Sungguhpun ada obyek yang berkisar pada pengolahan data, sifat – sifat obyek itu mempunyai symbol. Record dipakai untuk menyimpan data dalam kesatuan, yang mempunyai symbol dengan bagian data kelompok record kira – kira serupa dengan sifat – sifat kombinasi di dalam sebuah file. Sebuah record kunci adalah sebuah bagian dengan data yang memiliki batasan dan hubungan dengan record.

Jenis organisasi file yang digunakan sebagian besar tergantung pada fisikal storage strukturnya. Pita magnetic adalah sesuatu yang sudah menjadi sifatnya yang merupakan bagian dari alat penyimpanan akses. Disk magnetic sanggup menjalankan masukan beberapa – beberapa keterangan atau fakta – fakta pada tempat record dan dapat digunakan untuk organisasi file yang memakai direct access atatu sequential access ini.

Macam – macam organisasi file memiliki pengaruh yang tepat guna pada operasi – operasi yang berbeda. Organisasi sequential file baik digunakan untuk jumlah yang besar pada record yang dibaca atau diproses sebagai sekumpulan perintah berurut. Direct access berguna untuk mencari record khusus dengan kunci pengenal. Sebagian besar dalam keadaan biasa metode direct access dipakai pada organisasi file atau index organisasi file. Organisasi untuk sifat – sifat yang banyak dalam pencarian dapat memakai index atau petunjuk untuk mendukung pencarian pada beberapa symbol – symbol.

Empat perbedaaan organisasi yang menggunakan sistem manajemen database digambarkan sebagai; file data tunggal dan hirarki, jaringan kerja dan hubungan model – model.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.wikipedia.co.id

http://www.ilmukomputer.com

http://www.google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s